PNS Dibidik Jadi Sasaran Iuran Tapera, Kapan Berlaku?

JAKARTA – PNS akan dikenakan iuran Tabungan Perumahan Rakyat (TAPERA). Saat ini sedang disosialisasikan penerapan Tepera kepada masyarakat yang memiliki pendapatan di atas UMR, khususnya aparatur sipil negara (ASN).

Sebab, ASN dinilai lebih siap mengingat sebelumnya pemerintah juga sudah menawarkan skema serupa dalam bentuk Badan Pertimbangan Tabungan Rumah (Baperterm).

Lantas kapan Tapera tayang untuk ASN?

Diungkapkan Komisioner Badan Pengelola Tabungan Masyarakat Perumahan (BP Tapera), Heru Pudio Nugroho, Tapera untuk ASN saat ini masih dalam pembahasan dengan kementerian dan lembaga terkait.

Meski Tapera akan bersifat wajib bagi ASN, namun ia belum bisa memastikan kapan iuran Tapera sebesar 3% kepada ASN akan mulai terkumpul karena prosesnya perlu dirancang secara matang.

“Kami belum tahu. Kami pasti akan terus sinkron dengan kebijakan pemerintah ke depan. Jadi kami tidak bisa menjawab sekarang apakah tahun depan atau kapan. Kita harus bersiap dulu,” jelasnya pada acara sosialisasi Tepera, Kamis (3/10/2024).

Menurut Heru, aturan penarikan angsuran saat ini sedang dikembangkan oleh Kementerian Keuangan (KMENKU) melalui peraturan Menteri Keuangan (PMK). Hal ini juga berlaku bagi anggota Tapera non-ASN.

“Kami tetap perlu kehati-hatian dalam melihat persiapan setiap peserta di segmen tersebut. Kami juga sangat memahami situasi karyawan kami saat ini, yang masih cukup sulit jika harus melakukan tabungan atau kontribusi tambahan untuk melakukan penghematan lebih lanjut,” tambahnya.

Hiru berpendapat, hal terpenting yang harus dilakukan saat ini adalah memberikan akses kepada masyarakat untuk memahami apa itu Tapera. Ia mengaku tak ingin kesalahpahaman seputar Tapera menjadi sensasi seperti dulu.

“Saya kira perlu perhatian khusus. Berbagai negara telah memberikan informasi kepada kami agar Tepera dapat disosialisasikan secara luas. Sehingga seluruh elemen masyarakat khususnya ASN yang menjadi pelaku utama bisa lebih memahami konsep Tepera,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *