Siapa yang Layak Dapat Gelar Doktor Honoris Causa?

JAKARTA – Mengejutkan jika gelar Doctor Honoris Cass dianugerahkan kepada artis asal Indonesia. Yang membuat netizen kaget, kampus yang menawarkan gelar tersebut tidak memiliki gedung permanen.

Institut Manajemen Profesi Universal (UIPM) tidak memiliki gedung karena merupakan kampus online. UIPM menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam format pendidikan tinggi jarak jauh dan menggunakan sepenuhnya 100% pembelajaran daring, kampus virtual atau sistem pendidikan kampus virtual.

Gelar Honoris Causa adalah gelar akademik kehormatan yang diberikan oleh suatu universitas kepada seseorang tanpa memerlukan pendidikan formal di institusi tersebut.

Akademisi dan praktisi bisnis Indonesia Raynald Kasali menjelaskan lebih lanjut mengenai judul ini. Menurutnya, gelar Doctor Honoris Causa biasanya berarti mereka adalah pendiri perusahaan ternama, perusahaan terkemuka.

“Mereka begitu menonjol sehingga mereka mendonasikan jutaan dolar ke kampus agar kami bisa melihat gedungnya,” kata Renald Casali di laman Instagram-nya.

Biasanya yang menerima gelar Honoris Causa adalah orang yang menemukan suatu penemuan, mendirikan perusahaan, atau menyumbangkan hak paten yang mungkin memiliki masa depan di kampus.

Seperti Steve Jobs, ia pernah berkata bahwa ia bermimpi bisa bersekolah di SMA dan sukses di kampus. Namun ia tidak lulus bahkan harus keluar, namun dengan bekerja ia mempunyai prestasi, pada akhirnya pihak kampus memberinya gelar kehormatan bernama doktor kehormatan.

Pasti ada keseimbangan dalam hidup ini dan pantaskah seseorang menyandang gelar tersebut, jika tidak maka akan menimbulkan banyak cemoohan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *