Sukanto Tanoto Bisnis Apa? Ini Dia Jawabannya

JAKARTA – Apa urusan Sukanto Tanoto? Sukanto Tanoto adalah pendiri dan ketua RGE, grup perusahaan global di industri manufaktur berbasis sumber daya dengan kantor perusahaan di Singapura, Hong Kong, Jakarta, Beijing, dan Nanjing.

Mereka memulai bisnisnya lebih dari 50 tahun yang lalu dengan memasok suku cadang untuk industri minyak dan konstruksi.

Saat ini, RGE adalah perusahaan global yang mempekerjakan 60.000 orang dan beroperasi di Indonesia, Tiongkok, Brasil, dan Kanada dengan kantor penjualan di seluruh dunia. Ia memiliki aset lebih dari 20 miliar dolar AS.

RGE beroperasi di empat industri utama: minyak sawit (Asian Agri dan Anical), pulp dan kertas (APRIL – Asia Pacific Resources International Holding Ltd. dan Asia Symbol), rayon dan pulp (Sateri International dan APR), dan energi (Pacific Oil) . & Gas).

Pengusaha asal Indonesia ini memiliki banyak perusahaan di sektor energi, pulp dan kertas, serta kelapa sawit. Pada awal tahun 2024, perusahaannya, Pacific Eagle Real Estate, membeli hotel besar bernama Wanda Reign di China seharga Rp 3,7 triliun.

Sebelumnya, perseroan membangun menara perkantoran di Beijing, China, dan membeli pusat bisnis di Singapura. Kabarnya, baru-baru ini Sukanto Tanoto menjadi salah satu investor yang ingin memberikan dana untuk proyek IKN.

Pada tahun 1981, Sukanto Tanoto bersama keluarganya mendirikan Tanoto Foundation dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan kualitas sumber daya manusia.

Sejak saat itu, Tanoto Foundation terus berkembang menjadi lembaga amal internasional yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia di bidang pendidikan dan pengembangan kepemimpinan, serta penelitian medis. Saat ini, yayasan tersebut memberikan bantuan di Indonesia, Tiongkok dan Singapura, serta bekerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan dan penelitian terkemuka.

Sejak memulai karir sebagai wirausaha, Sukanto Tanoto telah memiliki banyak perusahaan di industri energi, pulp dan kertas, serta kelapa sawit. Lantas, bisnis apa yang dimiliki Sukanto Tanoto? Berikut daftarnya:

1. PT Indorayon Utama

Pada tahun 1989, Sukanto Tanoto mendirikan PT Indorayon Utama di Desa Lapangan Sosor, Kecamatan Porsea, Danau Toba, Sumatera Utara. Namun, warga sekitar memprotes pengerjaan pabrik yang sudah selesai dibangun.

Perusahaan ini ditutup pada bulan Maret 1999 setelah runtuhnya rezim Orde Baru pada tahun 1998 di bawah kepemimpinan Presiden B.J. Habibi. Pabrik tersebut ditutup secara permanen pada masa Presiden Abdurrahman Wahid karena adanya penolakan keras dari masyarakat setempat dan aktivis lingkungan hidup.

Namun pada masa Presiden Megawati, perusahaan tersebut disahkan kembali dan mulai beroperasi dengan nama baru, PT Toba Pulp Lestari (TPL).

2. Energi Pasifik

Pacific Energy merupakan perusahaan yang mengembangkan sumber energi mandiri untuk memenuhi kebutuhan energi Asia dan Amerika Utara. Perusahaan ini berlokasi di Kanada dan Cina dan berfokus pada ekstraksi gas alam di Kanada. Saat ini di Tiongkok, perusahaan ini memiliki pelabuhan penerima gas cair dan pembangkit listrik tenaga siklus.

3. Pencurian

Sateri merupakan perusahaan yang memproduksi serat viscose yang berlokasi di Shanghai, China dan memiliki jaringan di berbagai negara di Asia, Eropa dan Amerika. Kapasitas produksi Sateri sebesar 1,8 juta ton per tahun.

4. Gelang

Bracell adalah perusahaan di bidang pencernaan pulp dan selulosa menggunakan pabrik berteknologi tinggi yang beroperasi di Brazil. Perusahaan fokus pada pemanfaatan sumber daya tanaman kayu putih.

5. Kawasan Asia Pasifik (APR)

Asia Pacific Rayon merupakan perusahaan pertama yang memproduksi rayon viscose di Asia, mulai dari produk tanaman hingga serat. Perusahaan ini beroperasi di Riau dengan kapasitas produksi serat viscose stapel sebanyak 300 ribu ton per tahun.

6. Simbol Asia

Asia Symbol merupakan perusahaan biji-bijian dan kertas yang mampu memproduksi 2 juta ton pulp, 1 juta ton kertas, dan 530 ribu ton per tahun. Merek Asia yang berbasis di Cina.

7. kelompok apikal

Apical adalah perusahaan yang mengelola dan mengekspor produk Apical yang dijual secara lokal di Indonesia dan internasional. Banyak produk yang diperoleh seperti biodiesel, oleokimia, dan pangan.

8. Asia Pasifik Resources International Holding Ltd. (APRIL)

APRIL merupakan perusahaan yang memproduksi satu label, PaperOne, yang didistribusikan di banyak negara di dunia. Produksi ini menghasilkan pulp dan kertas serta produk samping lainnya seperti daging dan kertas.

9. Asia Agri

PT Asian Agri merupakan perusahaan kelapa sawit yang dulunya merupakan produsen minyak utama di Asia dengan kapasitas satu juta ton per tahun milik Sukanto Tanoto.

Itulah upaya Sukanto Tanoto. Salah satunya adalah Tanoto Foundation yang fokus memberikan kesempatan pendidikan kepada masyarakat Indonesia melalui beasiswa, pendidikan sekolah, dan program lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *