3 Wanita yang Kaya Raya Berkat Jualan Kosmetik

JAKARTA – Orang terkaya di Indonesia memiliki perusahaan di industri kosmetik. Beberapa di antaranya sudah lama memulai bisnis kosmetik dan terus menyediakan produk kosmetik yang berkualitas dan beragam hingga saat ini.

Minat terhadap kosmetik semakin meningkat dan tidak lagi terbatas pada kaum perempuan saja. Maraknya berbagai tren tata rias dan perawatan kulit membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya menggunakan produk kosmetik dan perawatan wajah.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, peluang usaha di bidang kosmetik semakin terbuka lebar. Hal ini tidak luput dari perhatian para pengusaha kosmetik yang kini telah terbukti sukses dalam bisnisnya.

Berikut 3 orang terkaya di Indonesia yang memiliki perusahaan di industri kosmetik, dirangkum OKZON, Sabtu (5/10/2024).

1. Prinsip biologis

Pendiri dan Komisaris Utama PT Paragon Technology and Innovation yang merupakan salah satu perusahaan kecantikan terbesar di Indonesia. PT Paragon membawahi merek-merek terkenal seperti Varda, Make Over, Emina dan Khaf. Perusahaan ini awalnya bernama PT Pusaka Tradisi Ibu yang akhirnya berubah menjadi PT Paragon Teknologi dan Inovasi pada tahun 2011.

Nurhaiti Subkat dikenal sebagai pionir merek kosmetik halal dan dinobatkan sebagai “20 wanita paling berpengaruh” oleh Fortune Indonesia, serta “25 pengusaha wanita paling berpengaruh di Asia” menurut majalah Forbes. Varda Products yang terkenal dengan branding kosmetik halal menjadi penyumbang pendapatan terbesar perseroan dengan pangsa 70%.

2. Murthy Sudebio

Dikenal sebagai sosok yang gemar meracik jamu tradisional dan kosmetik, ia merupakan pemilik sekaligus direktur brand kecantikan Mustika Ratu. Perusahaan ini berdiri lama pada tahun 1975. Mastika Ratu diakui setiap tahun sebagai penggagas dan direktur kontes kecantikan Indonesia.

Selain sukses di bisnis kosmetik, Murthy Sudebio juga merupakan seorang politikus dan menjabat Wakil Ketua Kedua Dewan Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada tahun 2004-2009. Pada tahun 2007, Muriti Sudebio dinobatkan sebagai salah satu dari 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia oleh majalah Globe Asia, dan merupakan pemegang gelar doktor tertua di Museum Rekor Dunia di Indonesia, dan disebut sebagai “Sang Bhutto yang mendapat gelar” Master Kedokteran”.

3. Aula Martha

Martha Talar Group merupakan nama dagang yang diambil dari nama pendirinya. Perusahaan ini memiliki produk populer bernama Sri Ayu yang dikenal masyarakat Indonesia. Grup Marta Talar mendirikan Perusahaan Kosmetik dan Obat Herbal Martina Berto melalui kerjasamanya dengan Club Pharma Inc.

Berawal dari usaha salon kecil-kecilan di garasi milik ayahnya yang berukuran 6 x 4 meter, Marta Talar mengembangkan salonnya hingga menjadi lumrah bagi wanita pejabat dan wanita teladan saat itu. Marta bekerjasama dengan Murthy Sodebio pada tahun 1975 dan berakhir karena perbedaan visi dan misi. Martha menerima gelarnya pada tahun 1984 dari University of Tucson, AS dengan gelar doktor kehormatan di bidang Fashion Arts.

Para perempuan pengusaha di atas berhasil meraup keuntungan melalui perusahaannya di bidang kosmetik. Kini bisnis kosmetik masih terus berkembang dan memunculkan nama-nama pengusaha baru yang sukses terjun di dunia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *