5 Crazy Rich di Jawa Timur, dari Bos Rokok hingga Properti

JAKARTA – Daftar lima orang crazy rich di Jawa Timur yang punya banyak bisnis. Ternyata Jawa Timur tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan budayanya saja, namun beberapa orang terkaya di Indonesia juga berasal dari wilayah ini.

Berikut inspirasi lima orang terkaya di Jawa Timur yang meraih kesuksesan di berbagai industri seperti dihimpun Okezone, Sabtu (5 Oktober 2024).

1. Susilo Wonowidjojo : Penerus Gudang Garam

Susilo Wonowidjojo adalah pengusaha tembakau Gudang Garam yang merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia. Lahir di Surabaya pada 18 November 1956, Susilo telah mengembangkan perusahaan rokok kretek menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Menurut Forbes, kekayaan bersihnya mencapai $3,5 miliar atau Rp 56,5 triliun. Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun, Susilo telah membuktikan bahwa kesabaran dan fokus mampu membawa kesuksesan yang maksimal.

2. Wijono Tanoko dan Hermanto Tanoko: Konglomerat Cat

Kedua kakak beradik Wijono Tanoko dan Hermanto Tanoko ini merupakan dua konglomerat kelahiran Malang, Jawa Timur. Kedua bersaudara ini merupakan penerus perusahaan cat PT Avia Avian, perusahaan yang sudah berdiri sejak lama. Keduanya menduduki peringkat ke-13 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2023 dengan kekayaan bersih $3,65 miliar. Mereka telah membuktikan bahwa bisnis cat bukan sekedar produk, tapi juga kunci sukses di dunia usaha.

3. Tahir : Pendiri Mayapada Group

Dato Sri Tahir atau nama populer Tahir adalah pendiri Mayapada Group yang bergerak di bidang perbankan, jasa, kesehatan dan real estate. Nama besar grup Mayapada menjadikannya salah satu orang terkaya di Indonesia. Dengan kekayaan bersih sebesar USD 4,2 miliar atau sekitar Rp 65 triliun, Tahir telah membuktikan bahwa ekspansi bisnis mampu mengantarkan seseorang menuju puncak kesuksesan.

4. Soegiarto Adikoesoemo : pendiri AKR Corporindo

Soegiarto Adikoesoemo merupakan pendiri AKR Corporindo yang bergerak dalam bidang distribusi dan perdagangan minyak, jasa logistik, produksi bahan kimia, dan kawasan industri. Soegiarto dengan kekayaan US$1,4 miliar atau Rp 21,633 triliun telah menunjukkan bahwa bisnis yang fokus pada kebutuhan pokok bisa menghasilkan keuntungan. AKR Corporindo telah menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia di bidangnya.

5. Alexander Tedja: Pengembang real estate Pakuwon Jati

Alexander Tedja merupakan salah satu orang terkaya di Surabaya yang merupakan pendiri perusahaan pengembang real estate Pakuwon Jati. Perusahaan real estate ini didirikannya pada tahun 1982 dan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1989. Hingga saat ini, perusahaannya telah mengembangkan berbagai jenis properti mulai dari apartemen serba guna, hotel, perkantoran, dan pusat perbelanjaan di Surabaya dan Jakarta. . Hingga tahun 2022, kekayaannya mencapai 955 juta USD atau Rp 14,75 triliun. Ia telah membuktikan bahwa investasi real estat bisa sangat menguntungkan.

Inilah kisah sukses lima miliuner asal Jawa Timur yang menunjukkan bahwa kesuksesan tidak hanya bergantung pada satu industri, tapi juga kemampuan berinovasi dan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Mereka telah membuktikan bahwa dengan dedikasi dan visi yang jelas, Anda dapat mencapai hasil yang luar biasa.

Baca Lengkap: 5 Orang Terkaya di Jatim, Ada yang Punya Kekayaan Rp 65 Triliun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *