8 Orang Terkaya Pemilik Perguruan Tinggi Terkenal di Indonesia

8 orang terkaya di Jakarta ini merupakan pemilik universitas ternama di Indonesia. Selain sukses menjalankan bisnisnya, para konglomerat ini juga melebarkan sayapnya memasuki dunia pendidikan dengan membangun universitas.

Beberapa kampus tersebut memiliki sistem kurikuler dan konsentrasi bidang khusus yang berbeda dibandingkan universitas lain.

Berikut 8 orang terkaya pemilik universitas ternama di Indonesia:

1. Aburizal Bakri

Aburisal Bakri merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia yang memiliki saham pengendali di berbagai perusahaan ternama. Pada tahun 2009, ia mendirikan Universitas Bakri bersama adiknya Nirwan Dharmawan Bakri. Sebelum menjadi universitas, kampusnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Saat ini Universitas Bakri memiliki 12 program akademik dan masuk dalam peringkat 20 besar dari 50 Universitas Terbaik versi Times Higher Education (THE) International Ranking Institute tahun 2020.

Menurut majalah Globe Asia, Aburizal Bakri dinobatkan sebagai orang terkaya di Asia Tenggara tahun 2008 dengan kekayaan US$9,2 miliar atau Rp84,6 triliun.

2. Putera Sampoern

Dikenal sebagai pemilik PT HM Sampoerna Tbk, pengusaha rokok ini mendirikan Sampoerna University di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation (PSF). Sebelumnya, Sampoerna University merupakan universitas gabungan antara Sampoerna School of Education (SSE) dan Sampoerna School of Business (SSB). Pada tahun 2013, Sampoerna University bergabung dengan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Bisnis di bawah payung Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) dan mempunyai 2 fakultas tambahan.

Pada tahun 2011, Forbes menempatkan Putera Sampoerna sebagai orang terkaya ke-9 di Indonesia dengan total kekayaan bersih US$2,4 miliar atau setara Rp37,4 triliun.

3. Sukamdani Sahid Gito Sarjono dan keluarga

Sebagai bagian dari Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Sahid Jai Sukamdani, Sahid Gitosarjono mendirikan Perguruan Tinggi Politeknik Sahid yang mengkhususkan diri dalam bidang pariwisata dan bisnis serta bisnis hotel dan restoran. Perguruan tinggi ini terkait dengan bisnis Sukhamdani Sahid, pemilik jaringan hotel Sahid Hotel dan Sahid Jaya International.

Pada tahun 2019, Sukhamdani dan keluarganya diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US$450 juta atau setara Rp652,95 miliar.

4. Joseph Vibowo Hadipoespito dan Theresia Vidiya Soeryaningsih

Universitas Bin Nusantar (BINUS) merupakan kampus yang didirikan oleh Joseph dan Teresa. Joseph tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam membangun institusi pendidikan tinggi. Dengan bantuan kerabat dan tenaga profesional lainnya, Joseph mampu membangun BINUS hingga menjadi kampus ternama seperti saat ini.

BINUS didirikan pada tahun 1974 sebagai lembaga pelatihan komputer bernama “Kursus Komputer Modern” dan melalui tahap perubahan nama Akademi Teknik Komputer (ATK) pada tahun 1981 dan AMIK Jakarta pada tahun 1984 hingga mengambil nama Bina Nusantara pada tahun 1985. Saat ini, BINUS Barat memiliki total 9 kampus di 6 kota berbeda yang berpusat di Kemangisan, Jakarta. BINUS menduduki peringkat ke-11 di Indonesia menurut WebMetrics World University Rankings pada tahun 2022.

5. Mokhtar Riyadh

Pelita, pemilik konglomerat Lippo Group, adalah orang di balik berdirinya Universitas Harapan (UPH). Pada tahun 2011, majalah Forbes menempatkan Mokhtar sebagai orang terkaya ke-38 di Indonesia dengan kekayaan bersih sebesar US$650 juta atau setara dengan 10,1 triliun rupiah. Di bawah payung Lippo Group, Mokhtar mengelola bidang pendidikan melalui Yayasan Pelita Harapan yang saat ini memiliki 45 sekolah K-12 dan 3 universitas UPH.

Didirikan pada tahun 1994, UPH saat ini memiliki 14 fakultas dan 3 kampus yang tersebar di 3 wilayah yaitu Surabaya, Medan dan kampus utama di Lippo Village, Tangerang.

6. Ciputra

Mendiang Chiputra adalah seorang pengusaha yang dikenal sebagai pengusaha real estate yang sangat sukses. Selain di dunia real estate, ia juga berkecimpung di bidang pendidikan, mendirikan sekolah, dan Universitas Ciputra (UC). Menurut majalah Forbes pada tahun 2011, Siputra menduduki peringkat ke-27 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar US$950 juta atau setara dengan 14,8 triliun rupiah.

Kampus utama University of California terletak di Surabaya dan memiliki 7 fakultas dan satu sekolah pascasarjana. UC juga memiliki kampus cabang yang memiliki program akademik di luar kampus utama bernama Ciputra School of Business (UC Makassar) di Makassar.

7.Ibrahim Rijad

Pengusaha real estate sukses asal Indonesia ini merupakan pendiri Universitas Jabal Ghafur. Ibrahim Rijad memiliki 60 anak perusahaan di berbagai sektor seperti keuangan dan industri pulp dan kertas, sehingga ia masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Di bawah naungan Yayasan Jabal Ghafur, Kampus Ibrahim Rishjad membangun Universitas Jabal Ghafur yang berlokasi di Jalan Gle Gapui Aceh dan kini memiliki 20 jurusan di kampus tersebut.

8. Soetjipto Nahariya

Soetjipto adalah ketua Summarecon Agung Group, sebuah perusahaan real estate besar di Indonesia. Menurut majalah Forbes, Soetjipto termasuk dalam 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2015, dengan kekayaan setara USD 400 juta atau Rp 6,2 triliun.

Soetgypto telah menunjukkan sifat dermawan dan kepeduliannya yang besar terhadap dunia pendidikan dengan mendirikan Universitas Pradit pada tahun 2017. Universitas ini dibangun berdasarkan konsep universitas korporat dan memiliki fakultas mulai dari teknik hingga desain komunikasi visual dengan konsentrasi khas di bidang perencanaan kota modern, pengembangan, perencanaan, implementasi dan pengembangan terpadu dan terpadu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *