Profil Zhang Jun, Ketua Umum PBSI-nya China yang Bikin Iri Badminton Lovers Indonesia

INILAH profil Ketum PBSI China Zhang Jun yang bakal membuat iri para pecinta bulu tangkis Tanah Air. Betapa tidak, sejumlah prestasi gemilang berhasil ditorehkan di bawah kepemimpinannya.

Jun adalah salah satu legenda bulu tangkis Tiongkok. Selama aktif berkarir, sejumlah prestasi gemilang berhasil diraihnya baik di ganda campuran maupun ganda putra.

Tentu saja, pencapaian bulan Juni yang paling mencolok adalah dua medali emas Olimpiade pada tahun 2000 dan 2004. Bersama Gao Ling, ia membentuk salah satu tim ganda campuran terkuat di dunia.

Setelah pensiun, Jun ditunjuk oleh CBA (PBSI China) sebagai pelatih untuk memajukan tim ganda campuran pada tahun 2017. Setahun kemudian, ia bahkan dipercaya menjadi wakil direktur jenderal Bank Sentral Ukraina.

Setahun kemudian, tepatnya 28 Januari 2019, Yun diangkat menjadi Ketua CBA dan menjabat hingga saat ini. Tangan dinginnya terlihat dari dominasi Tiongkok di berbagai sektor bulutangkis selama periode 2019-2024!

Namun, June juga menempuh jalan terjal. Pria kelahiran Suzhou, China, 26 November 1977 ini banyak dikritik bahkan disandingkan dengan kepemimpinan pendahulunya Li Yunbo yang juga punya prestasi gemilang.

Namun, Jun tetap teguh pada pendiriannya dan percaya pada kemampuannya. Dia telah mampu mengubah Tiongkok menjadi kekuatan yang tangguh dalam enam tahun terakhir di hampir semua industri.

Misalnya saja pada Olimpiade Paris 2024, China akan mengirimkan minimal satu wakilnya ke final di empat nomor, tidak termasuk tunggal putra. Mereka juga meraih dua medali emas dan tiga perak di ibu kota Prancis.

Prestasi tersebut bisa saja membuat iri para pecinta bulu tangkis di negara lain, termasuk Indonesia. Pasalnya, di saat yang sama, tradisi perebutan medali emas dari tepek bulu terhenti di Tanah Air.

Profil Ketum PBSI China Zhang Jun yang demikian mungkin membuat iri para pecinta bulu tangkis Tanah Air. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *