UI Naik Peringkat di THE WUR 2025, Pertahankan Posisi di 1.000 Besar Dunia

JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) terus mempertahankan posisinya sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mampu meraih peringkat 801 hingga 1.000. Peringkat 1 dalam Peringkat Universitas Dunia Times Higher Education (THE) (WUR) 2025.

Tahun ini, 2.092 universitas dari 115 negara dan wilayah di seluruh dunia mencapai peringkat ini, dengan UI menempati peringkat pertama di Indonesia dan kedelapan di Asia Tenggara.

Pemeringkatan WUR 2025 menggunakan metodologi baru yang dikenal sebagai WUR 3.0, yang mengukur kinerja universitas dalam lima bidang utama: pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, keterlibatan industri, dan perspektif internasional. Masing-masing bidang ini dievaluasi berdasarkan 18 indikator yang mencerminkan reputasi, produktivitas, dan pengaruh lembaga-lembaga yang terlibat.

Di bidang pendidikan, UI yang diukur dengan berbagai faktor seperti reputasi fakultas, rasio staf-mahasiswa, dan pendapatan institusi menyumbang 29,5% dari bobot penilaian.

Lingkungan penelitian diberi bobot sebesar 29%, namun bobot tertinggi diberikan pada kualitas penelitian, lebih tepatnya 30% yang diperkirakan dari kekuatan dan dampak penelitian yang dilakukan. Bidang keterlibatan industri dan pandangan internasional diberi bobot masing-masing sebesar 4% dan 7,5%.

Peningkatan antarmuka pengguna WUR 2025 tidak hanya terlihat pada hasil, tetapi juga pada peringkat di tiga bidang utama. Di bidang pendidikan, UI bertambah dari 198 menjadi 194. Keterlibatan industri meningkat dari 773 menjadi 712, sedangkan dari perspektif internasional, UI meningkat dari 576 menjadi 527. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa kualitas mengalami peningkatan di banyak aspek, baik dari segi pendidikan maupun pendidikan. Industri pendidikan dan keterlibatan.

Rektor UI, Profesor. Bapak Ali Cuncolo menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini. “Pencapaian UI dan kenaikan peringkat di lima bidang utama kriteria penilaian THE WUR 2025 merupakan bukti keseriusan UI untuk menjadi pemain utama pendidikan Indonesia di kancah internasional.” mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing global,” kata Guru Besar tersebut. Ali, Kamis (10 Oktober 2024)

Selanjutnya, Profesor. Pak Ali berharap pencapaian ini dapat memotivasi seluruh sivitas akademika UI untuk terus berinovasi dan memperkokoh status UI di tingkat global. “UI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat agar mampu bersaing di kancah internasional dan berkontribusi positif bagi bangsa,” tambahnya.

Dengan pencapaian tersebut, UI semakin optimis untuk membawa perubahan positif dan memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan tinggi tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Keberhasilan UI dalam World University Rankings 2025 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dan bersaing di tingkat global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *