Waspada! Rambut Rontok Berlebih Bisa Jadi Tanda Kekurangan Darah

Rambut rontok umumnya dianggap sebagai masalah rambut yang normal dan sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Namun, Anda patut berhati-hati jika kerontokan rambut ini berlangsung berkepanjangan.

Selain itu, jika kerontokan rambut terjadi secara berlebihan dan tidak merata, Anda perlu mewaspadainya. Pasalnya, bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda adanya masalah kesehatan lain pada tubuh, yakni tidak hanya rambut rontok rapuh.

Baca juga:

Dokter sekaligus pembuat konten kesehatan, Dr. McKeven menjelaskan bahwa rambut rontok yang disertai gejala lain seperti kelelahan, sering pusing, dan kulit pucat bisa menjadi tanda anemia.

“Jika rambut Anda terus rontok, apalagi disertai rasa lelah, sering pusing, kulit pucat, dan lain-lain, hati-hati, bisa jadi Anda menderita kekurangan darah alias anemia, dikutip dari akun Instagramnya.” @drkevinmak konten Rabu (15 Mei 2024)

Baca juga:

Dalam kebanyakan kasus, anemia atau iskemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi. Zat besi ternyata berperan sangat penting dalam mendorong pembentukan sel darah merah sehingga mampu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, dr Kevin mengungkapkan, ketika hal ini terjadi, tubuh menyerap zat besi dari rambut dan kulit. Itu sebabnya rambut mudah rontok dan kulit menjadi pucat.

“Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.Jadi ketika tubuh kekurangan zat besi, otomatis akan menyerap zat besi dari rambut dan kulit,” jelasnya.

Menurut dr Kevin, gejala anemia seperti ini tidak bisa diobati dengan berbagai sampo atau vitamin biasa. Sebab masalahnya ada di dalam tubuh, bukan hanya di permukaan atau di luar saja.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, disarankan untuk mengonsumsi suplemen zat besi 2-3 kali sehari setiap habis makan.

“Cara pengobatannya adalah dengan meminum tablet suplemen zat besi. Dosis dan cara pemakaiannya dua sampai tiga kali sehari dan dapat ditingkatkan setelah tiga bulan meminumnya. “Kevin.

Dikonfirmasi oleh dr Kevin, tablet suplemen zat besi ini diminum secara rutin selama 3 bulan. Sebab, dibutuhkan waktu 3 bulan untuk menghasilkan sel darah baru.

Kenapa tiga bulan, dokter? Karena sel darah baru diproduksi setelah tiga bulan, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *