3 Negara yang Jadi Korban Keputusan Kontroversial Wasit Ahmed Al Kaf, Nomor 1 Rival Timnas Indonesia

Nama wasit Ahmed Al Kaf diketahui usai mengambil keputusan kontroversial saat laga kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026 antara Timnas Indonesia kontra Bahrain. Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Bahrain, Kamis malam (10/10/2024), Ahmed Al Kaf menunda klakson menjelang akhir pertandingan ketika waktu sudah habis.

Timnas Bahrain lebih dulu unggul melalui Mohamed Mahroon, kemudian menyamakan kedudukan melalui Ragnar Oratmangoen sebelum waktu setengah jam. Tim Garuda unggul lebih dulu setelah Rafael Struick mencetak gol apik pada menit ke-74.

Di akhir pertandingan, wasit memberikan perpanjangan waktu enam menit. Timnas Indonesia meraih kemenangan dengan mempertahankan keunggulan hingga menit ke-96, namun saat itu Ahmed Al Kaf tidak meledakkan bola hingga pertandingan berakhir. Terakhir, Bahrain menyamakan kedudukan pada menit ke-98.

Gol kedua Bahrain dinyatakan offside. Namun wasit Oman tak mau menonton VAR. Pada akhirnya pertandingan berakhir pada menit ke-99 dengan skor 2-2 untuk kedua tim.

Tindakan kontroversial Ahmed Al Kaf sangat merugikan timnas Indonesia. Pasalnya jika memenangkan laga ini maka tim besutan Shin Tae-yong akan melaju ke peringkat kedua grup C klasemen kualifikasi Piala Dunia 2026, namun gara-gara hasil imbang tersebut tim Indonesia benar-benar kehilangan peringkat ke-5.

Usai persidangan, arbiter Ahmed Al Kaf untuk pertama kalinya tidak mengeluarkan keputusan kontroversial. Beberapa negara telah terkena dampak regulator dari Oman ini pada waktu yang berbeda.

Berikut tiga negara yang terkena dampak keputusan kontroversial Ahmed Al Kaf:

3. Singapura

Singapura menjadi salah satu negara yang terkena dampak keputusan Ahmed Al Kaf. Hal itu terjadi pada Piala AFF 2014 saat Lions – yang dikenal dengan timnas Singapura – bertemu dengan timnas Malaysia.

Saat itu pertandingan berlangsung alot dan skor 1-1 hingga pertandingan berakhir. Namun di menit-menit akhir pertandingan, wasit Ahmed Al Kaf memberikan penalti kepada Malaysia sehingga Harimau Malaya unggul 2-1. Karena alasan ini, ia dengan cepat menjadi sumber kemarahan di kalangan penggemar Singapura.

2. Talini

Salah satu musuh timnas Indonesia, Thailand, turut menyaksikan kontroversi Ahmed Al Kaf saat laga Piala Asia U23 2020 melawan Arab Saudi. Saat itu, pria yang menjadi wasit FIFA sejak 2010 itu memberikan hadiah penalti kepada Green Falcons yang mengakhiri laga dengan skor 1-0.

Keputusan Al Kaf pada laga ini menuai kritik dari berbagai media asing. Sebab, dia tidak menonton VAR padahal itu adalah hal yang benar.

1. Vietnam

Vietnam juga merasakan kontroversi pemimpin Ahmed Al Kaf. Hal itu terjadi pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar tahun 2019. Pada laga tersebut, Golden Star Warriors dua kali diserang Al Kaf.

Pertama, wasit Oman memberikan penalti kontroversial kepada Thailand. Beruntung kiper Dang Van Lam berhasil menghentikan tendangan tersebut dan mencegah gawangnya kebobolan.

Kemudian, pemerintah Vietnam berhasil mematahkan sasaran gajah bersenjata melalui aksi Bui Tien Dung. Namun, gol tersebut dianulir karena Doan Van Hau dinilai melakukan pelanggaran terhadap kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan.

Inilah tiga negara yang terkena dampak keputusan kontroversial Ahmed Al Kaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *