Pemain Timnas Indonesia Banyak yang Main di Belanda dan Belgia, Pelatih Timnas China Ketakutan

QINGDAO – Pelatih tim nasional (timnas) China Branko Ivankovic tampak kagum dengan timnas Indonesia yang diperkuat segudang pemain diaspora, khususnya yang berkarier di liga Belanda dan Belgia. Karena itu, Brankovic menegaskan meski timnas China lebih tinggi dari timnas Indonesia menurut rating FIFA, namun tim asuhan Garuda tidak boleh dianggap remeh.

China, peringkat 91 dunia, akan menghadapi Indonesia peringkat 129 FIFA pada laga keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia Asia 2026. Laga tersebut akan dimainkan pada Selasa (15/10/2024) pukul 19:00 WIB di Qingdao Youth Football Stadium.

Tim Naga -julukan Timnas China- menghadapi tim Garuda yang bermodal kecil. Mereka tidak pernah memenangkan satu pun dari tiga pertandingan yang mereka mainkan dan baru-baru ini menempati posisi terbawah Grup C dengan kemenangan 3-1 atas Australia di Adelaide.

Sedangkan Indonesia punya rekor lebih baik, namun belum pernah menang. Tapi setidaknya Jordi Amat dan lainnya tidak terkalahkan dan bermain melawan tim kuat seperti Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

Karena itu, Brankovich tak ingin mempermalukan tim Merah Putih. Lebih lanjut, ia menilai Indonesia memiliki banyak pemain naturalisasi yang pernah berkarir di Eropa sehingga patut diwaspadai.

“Indonesia juga tim kuat dengan banyak pemain naturalisasi, banyak di antaranya bermain di Belanda dan Belgia. “Kami tidak bisa menerima begitu saja,” kata Ivankovic seperti dikutip Sohu, Sabtu (12/10/2024).

“Kami perlu mempersiapkan diri secara maksimal dan menunjukkan ketangguhan dan agresivitas kami untuk menyelesaikan tugas di pertandingan berikutnya,” tambahnya.

Indonesia saat ini berada di peringkat kelima klasemen Grup C, tepat di atas China yang belum meraih satu poin pun. Miss Hilgers dan kawan-kawan saat ini mengoleksi tiga poin, hanya unggul satu poin dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain di peringkat kedua hingga keempat.

Dengan kondisi seperti ini, Indonesia dan China masih berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026. Jadi kemenangan itu menjadi hadiah permanen saat mereka bertanding di pertandingan minggu depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *