Kelelahan Usai Menang 3-1 atas Timor Leste U-20, Timnas Indonesia U-20 Bakal Kesulitan saat Hadapi Yaman U-20?

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) U-20 Indonesia tampil apik melawan Timnas U-20 Timor-Leste pada laga kedua Grup F Piala Asia AFC U-20 2025 dengan kemenangan telak 3 -1. Hal tersebut juga dibenarkan oleh penyerang Indonesia U-20 Jens Raven yang menyatakan Garuda Nusantara sangat lelah usai laga melawan Timor Timur U-20.

Kelelahan yang dialaminya dan rekan-rekannya dikaitkan dengan padatnya jadwal kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang dijalani Raven. Selain itu, pertandingan dengan intensitas tinggi melawan Timnas U-20 Timor Leste semakin menguras tenaganya.

Tentu saja hal ini menjadi pelajaran utama bagi Indra Shafri, pelatih kepala timnas U-20 Indonesia. Pasalnya pada laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, tim Garuda membutuhkan kekuatan fisik paling besar untuk menghadapi tim Yaman U-20.

“Saya kira jadwalnya sangat padat karena saya bermain 90 menit dan sekarang saya hanya punya satu hari libur dan kemudian saya akan bermain lagi. Ya, kami harus terus melanjutkan, kami harus terus bermain dengan intensitas tinggi karena pertahanan Timor Leste sangat buruk. juga sangat bagus. Kompak,” kata Raven kepada media usai pertandingan, seperti dikutip Sabtu (28/9/2024).

Pada laga tersebut, Gagak berhasil mengalahkan tim Timor Timur 3-1 di Stadion Sinayan Madiya Jakarta pada malam 27 September 2024. Golnya pada menit ke-13 membuka keunggulan tim asuhan Indra Sjafri.

Tiga menit berselang, lewat gol Rifki Afrisal, tim Indonesia mencetak dua gol. Luis Figo Ribeiro membalas dengan gol Timor-Leste pada menit ke-66, dan Mohamed Ragiel mencetak gol pada menit ke-78, memberi kemenangan 3-1 bagi Timor-Leste.

Raven pun menyebut kemenangan itu bisa diraih karena tim Merah Putih sudah mengetahui peta kekuatan Timor Leste. Meski begitu, pemain Belanda asal Indonesia itu mengeluhkan rasa lelah di menit-menit awal pertandingan.

“Saya kira kami sudah mengenal Timor Leste dan mereka mengenal kami karena kami bertemu di AFF. Saya pikir saya memulai dengan baik tetapi setelah beberapa menit saya merasa kaki saya mulai lelah,” kata pemain asli Dordrecht itu. Pemain U-21 menjelaskan.

“Jadi itu pertandingan yang sulit bagi kami. Kami semua lelah. Jadi saya pikir kami harus tampil lebih baik besok tapi kami akan sangat senang dengan tiga poin malam ini,” tambahnya.

Ya, jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 memang sudah penuh. Usai melakoni laga pertama Grup F melawan Maladewa pada Rabu 25 September 2024, Doni Terry dkk kembali bermain melawan Timor Timur dua hari berselang tadi malam.

Dua hari kemudian, tim Indonesia akan melakoni laga terakhir Grup F melawan Yaman. Itu sebabnya pelatih Indra Shafri mengatakan usai kemenangan atas Timor Leste bahwa fokus utamanya adalah mengembalikan kondisi pemain.

Indonesia hanya butuh satu poin saat melawan Yaman pada Minggu (29 September 2024) pukul 19:30 WIB. Pasalnya, mereka saat ini berada di puncak klasemen dan memiliki selisih gol lebih tinggi dibandingkan negara-negara Timur Tengah.

Dengan begitu, Indonesia berpeluang otomatis lolos ke putaran final Piala Asia AFC U-20 2025 sebagai pemuncak grup. Sementara itu, runner-up harus menunggu peringkat akhir runner-up dengan performa terbaik di antara 10 grup kualifikasi. Hanya lima tim teratas yang berhak mengikuti AFC Asia U-20 tahun depan Cangkir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *