Prabowo Sebut Burung Unta dalam Pidatonya, Benarkah Menjejalkan Kepala ke Tanah Bila Takut?

JAKARTA – Prabowo Subianto menyebut burung unta dalam pidato pertamanya menjabat presiden. Dikatakan bahwa dia tidak akan takut seperti burung unta, yang jika takut, akan menundukkan kepalanya ke tanah. itu benar

Ladang burung unta yang membenamkan kepalanya ke dalam tanah saat merasa terancam atau takut sudah ada sejak zaman Romawi kuno. Ide ini telah mengakar dalam budaya populer, bahkan membuat burung unta dianggap sebagai simbol orang yang menghindari masalah.

“Tetapi sekarang kita tahu itu hanya mitos,” situs scienceworld.ca mengutip Minggu (20/10/2024).  

Jadi dari mana asal mitor ini? Para ilmuwan percaya bahwa cerita ini muncul karena beberapa alasan.

Pertama, burung unta memiliki kepala yang kecil dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Oleh karena itu, ketika mereka menundukkan kepala untuk mengunyah rumput, kepala mereka mungkin tampak hilang.

Kedua, burung unta tidak membangun sarang untuk telurnya. Sebaliknya, mereka menggali lubang di pasir untuk bertelur. Saat telurnya menetas, burung unta jantan dan betina akan bergantian menggunakan paruhnya untuk memutar telur, sehingga dapat memberikan ilusi menjulurkan kepalanya ke pasir.

Faktanya, ketika burung unta merasakan bahaya, mereka bereaksi lebih efektif. Mereka akan berlari dengan kecepatan luar biasa, mencapai 70 km/jam.

Kakinya yang panjang dan kuat memungkinkan mereka melarikan diri dengan cepat, sedangkan sayapnya berfungsi sebagai alat keseimbangan dan membantu manuver yang cepat. Burung unta dapat mempertahankan kecepatan tinggi ini selama setengah jam, menjadikannya salah satu pelari tercepat di dunia.

Spesifikasi desainer

FYI, burung unta adalah burung panjang yang tidak bisa terbang dengan leher panjang, kaki berotot, dan kaki bercakar.

Tubuhnya yang besar ditutupi bulu yang besar dan tebal; Burung jantan dewasa mempunyai bulu berwarna hitam dan ekor berwarna putih, sedangkan burung betina lebih banyak ditutupi bulu berwarna coklat.

Dikutip dari Nationalzoo.si.ed, leher dan kepala mereka ditutupi bulu tipis halus dan kaki mereka tidak berbulu.

Burung unta memiliki paha dan kaki yang tebal dan berotot dengan kaki berjari dua yang diakhiri dengan cakar yang panjang dan tajam di setiap jari kaki. Mereka memiliki mata yang besar – lebarnya sekitar 5 sentimeter, yang terbesar dari semua burung – dan kelopak mata halus yang membantu melindungi mata mereka dari debu dan pasir.

Burung unta mempunyai sayap yang besar, tetapi mereka tidak menggunakannya untuk terbang. Sebaliknya, mereka melebarkan sayapnya saat berlari, yang menciptakan efek seperti kemudi dan membantu burung unta mengubah arah dengan kecepatan tinggi.

Burung unta juga mengepakkan sayapnya untuk menjaga iklim tetap hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *