Gibran Wapres Termuda dalam Sejarah, Ini Riwayat Pendidikan, Karier hingga Gajinya

JAKARTA – Gibran menjadi wakil presiden (Vapres) termuda sepanjang sejarah Indonesia. Ingin mengetahui latar belakang perusahaan dan informasi gaji Anda?

Calon Wakil Presiden (Vapres) Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi Wakil Presiden RI pada Sidang Umum MPR RI di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD pada Minggu (20/10/2024).

Gibran dilantik bersama Presiden Prabowo Subianto untuk memimpin pemerintahan Indonesia lima tahun ke depan atau 2024-2029.

Gibran sangat terpelajar. Detail:

Sekolah: SDN 16 Mangkubumen Kidul, Solo.

SMA : SMPN 1 Surakarta, Solo.

Kesetaraan Sekolah Menengah: Kesetaraan Sekolah Menengah Orchid Park, Singapura

Pendidikan: Lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) – Bachelor of Science (BSc) di bidang Pemasaran.

Pendapatan sebagai Wakil Presiden 

Gibran menerima gaji kotor dan kenaikan jabatan Wakil Presiden sebesar Rp 44.160.000 per bulan.

Namun, angka ini mungkin lebih tinggi seiring dengan peningkatan dan tidak disertakannya sumber daya terkait lainnya.

Sedangkan besaran tunjangan yang diterima Wakil Presiden RI sebesar Rp 22.000.000 per bulan.

Hal ini ditetapkan dengan Keputusan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2001.

Kehidupan politik 

Gibran memulai karir politiknya dengan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surakarta pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, Gibran terpilih menjadi Wali Kota pada Desember 2020.

Dalam kampanyenya, ia menggalakkan program pembangunan infrastruktur, penciptaan ekonomi kreatif, dan peningkatan kesejahteraan sosial.

Pada masa pemerintahannya, Gibran mendorong pengembangan inovasi di bidang UKM, peningkatan pelayanan publik, serta pengelolaan pariwisata dan budaya dalam negeri. Ia juga aktif melawan pandemi COVID-19 di negaranya dengan berbagai kebijakan yang mendukung pemulihan perekonomian masyarakat.

Pemilihan Wakil Presiden 2024;

Pada tahun 2023, Gibran melakukan langkah politik yang mengejutkan dengan menjadi calon presiden (caupres) mendampingi Prabowo Subianto pada pemilu 2024.

Masuknya Gibra sebagai calon wakil presiden termuda di Indonesia (36 tahun) mengukuhkan statusnya sebagai tokoh politik muda di kancah nasional.

Dalam acara pelantikan tersebut, Gibran rutin mengucapkan sumpah jabatan wakil presiden di hadapan anggota MPR sesuai agama dan keyakinannya.

“Saya bersumpah demi Allah, tugas Wakil Presiden Republik Indonesia adalah menjaga konstitusi dengan sebaik-baiknya, mentaati segala peraturan perundang-undangan, serta mengabdi kepada bangsa dan negara.” kata Gibran.

Seperti diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan Keputusan KPU pada Pemilu 2024. 504 Tahun 2024. Pasangan Prabowo-Gibran memenangi kontestasi Pilpres dengan perolehan 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara nasional, mengalahkan dua kandidat lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *