Profil Giring Ganesha, dari Musisi Jadi Wakil Menteri Kebudayaan di Kabinet Prabowo-Gibran

JAKARTA – Giring Ganesha atau yang lebih akrab disapa Giring Niji resmi menjadi Wakil Menteri Kebudayaan di Kabinet Menteri Merah Putih (Wamen) era Prabowo Subianto. Ia dilantik sebagai Wakil Menteri pada hari ini, Senin (21 Oktober 2024) di Gedung Negara, Jakarta Pusat.

Dikenal sebagai musisi yang dinamis dan lincah di atas panggung, Giring Ganesha sudah menjadi pusat perhatian bahkan sebelum terjun ke dunia politik. Di bawah ini adalah informasi profil dan pendaftarannya yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Giring Ganesha atau bernama lengkap Giring Ganesha Jumaryo lahir pada tahun 1983 di Jakarta. 14 Juli. Ia adalah putra dari Jumario Imam Mukhni asal Jawa dan Irmawati asal Miangkabau, Sumatera Barat.

Sejak sekolah, Gearing sudah menunjukkan ketertarikannya pada musik, khususnya musik pop Inggris. Setelah lulus SMA, tepatnya pada tahun 2002, ia langsung terjun ke bidang musik dan membentuk band Nidji bersama rekan-rekannya.

Pada tahun 2006, Gearing dan rekan-rekannya merilis album pertama mereka, Breakthru, yang berisi lagu-lagu hits seperti “Already”, “Delete Me”, “You and Me” dan “Disco Lazy Time”. Sejak saat itu, nama Gearing semakin terkenal dengan penampilan panggungnya yang ikonik dan energik.

Orkestra Nidji yang dipimpin oleh Gearing juga sering diminta untuk menggubah musik film. Salah satunya adalah film Laskar Pelang yang soundtracknya kemudian menjadi lagu yang sangat populer seiring dengan film tersebut.

Selain karir musiknya, Gilling juga berkali-kali berpartisipasi dalam produksi film Indonesia. Ia memerankan Suja dalam film biografi Sang Pensera dan mengisi suara Paddle Pop di beberapa serial film Paddle Pop.

Pada Agustus 2020, Giring Ganesha pertama kali terjun ke dunia politik dan ditunjuk sebagai Pj Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI), menggantikan Grace Natalie. Bersamaan dengan penunjukan Jilin sebagai Presiden PSI, Jilin juga dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai presiden pada 2024.

Selain di dunia politik, Gearing juga dikenal aktif di organisasi olahraga elektronik (Esports). Ia diangkat menjadi Presiden Liga Esports Indonesia (IEPL) setelah ia diundang oleh Jokowi untuk menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020.

Saat ini, Jilin sedang menjalankan tugas Wakil Menteri Kebudayaan. Gearing mengakui bahwa visinya sejalan dengan visi Fadli Zon yang berfokus pada identitas budaya Indonesia. “Padahal kita mempunyai tugas besar membangun negara dan bangsa, serta tugas besar menata kembali kebudayaan Indonesia,” kata Jilin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *