Perbandingan Latar Belakang Pendidikan Dito Ariotedjo dengan Taufik Hidayat yang Kini Tukangi Kemenpora Kabinet Merah Putih

JAKARTA – Bandingkan kebangkitan Dito Ariotedjo dengan Taufik Hidayat. Keduanya sama-sama bertanggung jawab di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Dewan Merah Putih era Prabowo-Gibran.

Nama Ario Bimo Nandito Ariotedjo bukan nama asing di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sebab, jabatan tersebut sudah dijabatnya sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun saat itu ia mendapat kritik karena minimnya pengalaman di dunia olahraga.

Oleh karena itu, pada pemerintahan baru ini, Prabowo Subianto selaku Presiden kedelapan RI menunjuk Taufik Hidayat sebagai Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga bersama Dito Ariotedjo.

Keputusan Taufik Hidayat menjadi angin segar bagi dunia hiburan tanah air. Padahal, ia merupakan mantan atlet nasional dan sudah banyak berkompetisi di ajang internasional, termasuk peraih medali emas Olimpiade Athena 2004.

Sebagai mantan atlet, juara dunia 2005 itu paham betul apa yang kurang di dunia olahraga Indonesia dan bagaimana cara meningkatkan kiprah atlet Indonesia.

Di sisi lain, ditunjuknya Dito Ariotedjo dan Taufik Hidayat sebagai Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga telah mengangkat profil mereka di lapangan. Salah satunya terkait latar belakang pendidikan.

Ario Bimo Nandito Ariotedjo merupakan pria kelahiran 25 September 1990. Beliau mengenyam pendidikan formal di SD Tarakanita 2 Jakarta dan pendidikan menengah di SMP Al-Izhar Jakarta dan SMA Negeri 6 Jakarta.

Setelah itu, Dito Ariotejo melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Hukum, masuk Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2012. Meski memiliki ilmu di bidang hukum, anggota Partai Golkar ini bukannya tanpa pengalaman di dunia olahraga.

Dito tercatat sebagai General Manager ISSI (Persatuan Olahraga Sepeda Indonesia) Provinsi DKI Jakarta, Anggota Pengurus Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Chef of Mission (CdM) Indonesia. Ia mengikuti Olimpiade Musim Dingin 2018 di Buenos Aires, Argentina dan menjadi presiden RANS PIK Bola Basket dan RANS FC Nusantara.

Seperti Dito, Taufik Hidayat juga memiliki latar belakang pendidikan yang baik. Taufik diketahui mengenyam pendidikan dasar di SD Pangalengan 1. Kemudian mengenyam pendidikan menengah di dua sekolah berbeda, yakni SMP 1 Pasundan dan SMP Taman Siswa Bandung.

Kemudian Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga Dewan Merah Putih melanjutkan pendidikan di SMA Taman Siswa Bandung. Di tengah kesibukannya sebagai atlet, ia juga terus melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas Tarumanegara.

Begitulah perbandingan kiprah pendidikan Dito Ariotedjo dengan Taufik Hidayat yang saat ini bertugas di Kementerian Pemuda dan Olahraga di Dewan Merah Putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *