Punya 3 Caps Timnas Belanda Senior, Jairo Riedewald Bisa Perkuat Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong?

Berharap tiga pemain senior internasional Belanda bisa memperkuat skuad Indonesia asuhan Jarrow Riedewald Shin Tae-yong? Jawabannya iya, jika Jaro Riedewald sudah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Sebab sesuai aturan FIFA, Jarrow Riedewald tidak melakukan pelanggaran apa pun untuk memperkuat timnas Indonesia. Pertama, dari neneknya yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara.

(Jarro Riedewald saat ini bermain sepak bola di Royal Antwerp FC. (Foto: X/@official_rafc)

Sesuai aturan, gelandang Royal Antwerp FC itu memenuhi syarat sebagai warga negara Indonesia naturalisasi (WNI). Faktor lainnya, tiga caps yang dilakukan Jarrow Riedewald untuk Der Oranje -julukan Timnas Belanda- bukanlah laga kompetitif.

Sesuai aturan dasar FIFA, seorang pemain bisa mewakili timnas lain meski sebelumnya sudah tiga kali bermain untuk timnas senior. Ada tiga pertandingan yang tidak masuk dalam kategori resmi level A internasional, yakni Piala Asia, Piala Eropa, Piala Dunia, Piala Emas, dan Copa America.

Jika tidak, tiga tim nasional Jarrow Riedewald hanya sebatas kualifikasi Piala Eropa. Apalagi, bek timnas Belanda Jarrow Riedewald masih berusia 19 tahun atau masih di bawah batasan FIFA (maksimal 21 tahun).

Melihat fakta di atas, pemain yang sudah tujuh tahun membela Crystal Palace di Liga Inggris (2017-2024) ini berhak berstatus warga negara Indonesia. Lantas apakah Jero Riedewald akan datang ke Indonesia pada September 2024?

Itu bisa dilakukan. Pasalnya, pemain yang membantu Ajax Amsterdam menjuarai Ligue 1 Belanda 2013-2014 itu baru saja membuat heboh pecinta sepak bola tanah air.

(Jero Riedewald memasang bendera Indonesia di bio Instagramnya. (Foto: Instagram/@jriedewald)

Jero Riedewald memasang bendera Indonesia di bio Instagram miliknya. Bendera Indonesia ditempatkan sendiri tanpa dikontraskan dengan bendera lainnya.

Jika Jero Riedewald benar-benar natural, betapa kuatnya lini tengah Timnas Indonesia. Thom Haye bisa fokus menciptakan serangan, sedangkan Jarrow Riedewald bertugas memotong bola ke lini depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *