Ini Alasan Hector Souto Tak Tertarik Ada Pemain Naturalisasi di Timnas Futsal Indonesia

JAKARTA – Pelatih futsal nasional Indonesia Hector Souto tak berminat melakukan naturalisasi pemain Indonesia di luar negeri. Alasannya sederhana: Hector Souto puas dengan komposisi timnas futsal Indonesia saat ini.

Timnas futsal Indonesia akan mengikuti Piala Futsal AFF 2024 yang digelar di Thailand pada tanggal 2 hingga 10 November. Souto membawa 16 pemain ke turnamen tersebut.

Tim Garuda yang akan berlaga di Piala Futsal AFF 2024 antara lain nama-nama besar seperti Evan Smirena, Samuel Eko, Samuel Amos, dan Iqbal Iskandar. Ke-16 pemain yang dipanggil Souto merupakan pemain lokal.

Berbeda dengan timnas futsal Indonesia yang aktif merekrut pemain keturunan Eropa, Souto menilai timnas futsal Indonesia tidak membutuhkan pemain naturalisasi. Ia puas dengan kualitas pemain yang dimilikinya saat ini.

“Saya senang sekali dengan pemain saat ini. Tidak perlu mendatangkan (naturalisasi) siapa pun,” kata Souto, Senin (21 Oktober 2024) di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga di Senayan, Jakarta tim media termasuk MNC Portal Indonesia di tempat tersebut.

Posisi timnas futsal Indonesia saat ini jauh lebih baik dibandingkan timnas sepak bola Indonesia di peringkat dunia. Evan Smirena dan lainnya berada di peringkat 28 dunia, dan tim asuhan Shin Tae-young berada di peringkat 130 dunia. Alhasil, di atas kertas, kualitas tim asuhan Hector Souto justru lebih baik.

Souto berpendapat, lebih baik Indonesia membangun dari bawah ke atas. Usai mendampingi tim di Piala Futsal AFF 2024, pelatih asal Spanyol itu ingin terlibat langsung dalam mengidentifikasi ratusan pemain terbaik Tanah Air untuk melaju ke tim utama.

“Yang terpenting adalah aktivitas akar rumput dan setelah AFF saya akan terlibat dalam pengembangan pemain muda futsal dan berharap bisa menemukan 120 hingga 123 pemain untuk dipromosikan ke tim utama. Karena saya yakin dia punya bakat,’ dan naturalisasi tidak diperlukan ,” pungkas pelatih berusia 43 tahun itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *