8 Pesepakbola Ini Sudah Terlanjur Jadi WNI tapi Tak Pernah Perkuat Timnas Indonesia, Nomor 1 Striker Berpengalaman

Delapan pesepakbola sudah berstatus warga negara Indonesia, namun belum pernah bermain untuk timnas Indonesia. Padahal, mereka telah bekerja keras untuk memproses dan memajukan proses naturalisasi.

Sejak tahun 2010, program naturalisasi mengalami peningkatan. Sebelum kedatangan Shin Tae-yong, naturalisasi pemain Indonesia terutama ditujukan pada pemain-pemain yang tampil bagus di Liga Indonesia.

Sayangnya, setelah menjadi WNI, para pemain tersebut malah tak melirik pelatih timnas Indonesia. Siapa mereka? Simak ulasan berikut ini.

8 pesepakbola yang sudah menjadi WNI namun belum pernah bermain untuk Timnas Indonesia

8.Silvio Escobar

Pemain Paraguay ini dikabarkan berkewarganegaraan Indonesia karena menikah dengan wanita Indonesia, Merry Marsita. Sayangnya, setelah menjaga paspor Indonesia, pemain berusia 38 tahun itu belum juga dipanggil timnas Indonesia.

7. Charles Orrock

Nama Charles Orock mungkin terdengar sedikit asing di telinga Anda. Namun pemain asal Kamerun itu sudah berstatus warga negara Indonesia sejak 2017. Sejauh ini tim Garuda belum pernah menghubungi kami.

6. Pria Muda

Sang pemain telah berkarier di Indonesia dengan bermain untuk klub seperti PSM Makassar, Madura United, dan PSS Sleman sejak 2005. Ia sudah memiliki paspor Indonesia sejak tahun 2016, namun hingga saat ini ia belum pernah dipanggil – tidak pernah untuk timnas.

5. Zoubarou Garba

Pemain asal Kamerun itu juga akan dinaturalisasi pada tahun 2021. Pesepakbola kelahiran 20 Oktober 1985 ini sudah bermain di banyak klub Liga Indonesia, namun belum pernah bermain untuk timnas Indonesia.

4. Oke John

Bek jangkung ini sudah sering bepergian ke klub-klub Liga Indonesia. Dia mengambil sumpah kewarganegaraan pada tahun 2018. Meski dikenal sebagai bek tangguh, Jhon belum mencatatkan satu pun caps untuk timnas Indonesia.

3. Beltrame Fabiano Da Rosa

Pemain ini dikenal sebagai bek tangguh yang sudah banyak bermain di klub-klub besar tanah air. Ia menjalani proses naturalisasi pada tahun 2019. Sayangnya, meski digadang-gadang bisa menjadi bek tangguh Timnas Indonesia, eks Fabiano itu tak pernah dipanggil ke Timnas Indonesia.

2. Mohammadou Al-Hadji

Pemain asal Kamerun itu menjalani proses naturalisasi pada 2018. Ia mempunyai segudang pengalaman di berbagai tim di Liga Indonesia, namun hal itu tidak membuatnya dipanggil ke Timnas Indonesia.

1. Herman Dzumafo

Pemain ini sudah bermain di Indonesia sejak tahun 2007, membela klub elite tanah air. Itu menjadikannya wajar pada tahun 2017.

Meski hampir selalu tampil bagus di klub, pemain Kamerun itu tidak pernah dipanggil ke timnas. Bahkan, Herman Dzumafo kerap dianggap sebagai solusi lini depan Timnas Indonesia.

Delapan pesepakbola sudah berstatus warga negara Indonesia, namun belum pernah bermain untuk timnas Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *