Pelatih Muda di Korea Selatan Jadikan Shin Tae-yong sebagai Inspirasi

Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Shin Tae-yong dikenal sebagai orang nomor satu di Asia, bahkan dunia. Tak heran, banyak pelatih muda Korea Selatan yang menjadikan STY sebagai inspirasinya, seperti pelatih Suwon Bluewings Yeom Ki-hoon.

Shin Tae-yong merupakan salah satu pelatih senior Korea Selatan. Pelatih berusia 53 tahun itu adalah asisten manajer Brisbane Roar, hingga ia mengambil alih klub Korea Selatan Seongnam Ilhwa.

Bersama Seongnam Ilhwa, Shin berhasil meraih dua penghargaan dalam kurun waktu 2008 – 2010. Setelah sukses bersama klubnya, Shin Tae-yong dipercaya mengabdi di timnas Korea Selatan mulai tahun 2014. Di sana, ia memimpin Korea Selatan. Tim nasional Laos memenangkan Kejuaraan Asia Timur 2017.

Shin Tae-yong akan memimpin Pejuang Taegeuk -julukan timnas Korea Selatan – di Piala Dunia 2018 Sayangnya, pelatih Yeongdeok tidak mampu membawa timnas Korea Selatan ke babak penyisihan grup.

Saat ini, Shin Tae-yong menjadi sosok penting di timnas Indonesia. Ia masih belum bisa memberikan gelar juara kepada timnas Indonesia. Namun beberapa prestasi seperti mencapai babak 16 besar Piala Asia dan semifinal Piala Asia U-23 membuat Shin dinilai sukses.

Rekam jejak Shin Tae-yong menjadi inspirasi bagi Yeom Ki-hoon yang saat ini menjadi pelatih klub Suwon Bluewings Korea Selatan di Liga 2. Yeom menyebut Shin merupakan salah satu dari dua pelatih yang ingin ditirunya.

“Pelatih yang ingin saya tiru adalah Seo Jeong-won (manajer CD Rongcheng), dan orang yang ingin saya tiru adalah Shin Tae-yong,” Yeom, dikutip dari Naver, Sabtu (18/5/2024).

Menurutnya, Shin merupakan pelatih yang memiliki kemampuan hebat dalam menciptakan taktik. Hal itu ia rasakan saat bermain untuk Timnas Korea Selatan saat menjuarai Piala Asia Timur 2017.

“Pelatih Shin juga memutuskan seberapa jauh kami harus melangkah jika sang striker ada di sini dan seberapa jauh kami harus melangkah jika bola ada di sini,” kata pelatih berusia 41 tahun itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *