Adu Latar Belakang Pendidikan Hartono Bersaudara, Konglomerat Terkaya di Indonesia yang Punya Klub Sepak Bola

JAKARTA – Pendidikan yang sama dengan Hartono bersaudara pemilik klub sepak bola Tanah Air. Selain itu, mereka memiliki bisnis yang sukses

Saudara laki-laki Hartono adalah Robert Buddy Hartono dan Michael Bambang Hartono. Keduanya masuk dalam peringkat orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022.

Per Desember 2022, total kekayaan Hartono bersaudara diperkirakan mencapai $47,7 miliar atau Rp 744,12 miliar menurut Forbes. Oleh karena itu, ada beberapa yang tertarik untuk mempelajarinya.

Berikut kajian Hartono bersaudara pemilik klub sepak bola di Indonesia.

1.Robert Buddy Harton

Pria kelahiran Jawa Tengah 28 April 1940 ini merupakan putra dari pendiri perusahaan Rokok Dejarum, Oi Wai Gwan yang meninggal dunia pada tahun 1963, Universitas Diponegoro. Sedangkan ia memiliki tiga orang putra dari pernikahannya dengan Widowati Hartono.

Perusahaan Djarum dirintis oleh Oei Wie Gwan yang membeli sebuah perusahaan kecil di bidang gramofon cengkeh dari NV Murup yang hendak gulung tikar. Pada tahun 1951, perusahaan ini berganti nama menjadi Djarum dan sukses di pasaran.

Setelah bekerja lebih dari 10 tahun, pada tahun 1963, kebakaran hampir menghanguskan pabrik.

Pada tahun 1972, Djarum mulai mengekspor produknya. Tiga tahun kemudian, merek rokok pertama di Indonesia, Djarum Filter, diluncurkan. Setelah itu merek super Djerum diperkenalkan pada tahun 1981.

2.Michael Bambang Hartono

Bambang Hartono lulus SMA pada tahun 1960. Ia mengikuti nasehat ayahnya untuk belajar ke luar negeri di Universitas Diponegoro (Undip). Dia akhirnya lulus dari perguruan tinggi dengan gelar di bidang ekonomi.

Bambang Hartono berhasil meraih medali perunggu nomor bridge pada Asian Games 2018. Diakuinya, bonus-bonus dari Asian Games “dikembalikan” untuk dijadikan modal pengembangan karate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *