Elkan Baggott Tak Dipanggil Shin Tae-yong untuk Laga Timnas Indonesia vs Irak dan Filipina, Kalah Kualitas atau Masalah Pribadi?

Shin Tae-yong belum menunjuk bek Ipswich Town Elkan Baggott untuk pertandingan Indonesia melawan Irak dan Filipina di final dua grup Piala Dunia 2026 di Asia. Elkan Baggott tidak dipanggil karena pemain berusia 21 tahun itu kurang fit atau ada masalah pribadi dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong?

Sekadar informasi, Shin Tae-yong telah menunjuk 22 pemain untuk mengikuti dua laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia, yakni melawan Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024).

(Elkan Baggott tidak ambil bagian dalam pertandingan Indonesia kontra Irak dan Filipina. (Foto: Instagram/@elkanbaggott)

Shin Tae-yong menyebutkan pemain terbaiknya yang memenangkan dua pertandingan di atas. Tim Indonesia akan lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia jika memenangkan salah satu pertandingannya.

Dari 22 pemain yang diundang, lima diantaranya berstatus gelandang. Mereka adalah Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Jordi Amat (JDT), Justin Hubner (Cerezo Osaka), Rizky Ridho (Persija Jakarta) dan Jay Idzes (Venezia FC).

Nama Elkan Baggott tidak masuk dalam daftar. Mengapa Shin Tae-yong tidak memanggil kiper bertinggi 196 sentimeter itu?

Ada dua kemungkinan alasan untuk hal ini. Pertama, Shin Tae-yong tidak menutup kemungkinan mendapat opsi mengisi tiga posisi di lini pertahanan Timnas Indonesia. Kerja sama antara Jay Idzes, Jordi Amat, dan Justin Hubner bisa jadi pilihan.

Lantas apakah ada masalah pribadi antara Shin Tae-yong dan Elkan Baggott? Shin Tae-yong marah besar saat ditanya wartawan apakah Elkan Baggott bisa hadir pada laga kualifikasi Olimpiade Paris 2024 antara Indonesia U-23 dan Guinea U-23 pada Kamis, 9 Mei 2024.

(Jay Idzes akan menggantikan Elkan Baggott. (Foto: PSSI)

Shin Tae-yong disinyalir marah karena pihak Kota Ipswich atau Elkan Baggott tidak menanggapi panggilan PSSI. Padahal, tenaga Elkan Baggott sangat dibutuhkan pada laga yang dimenangkan Timnas U-23 Guinea dengan skor 0-1.

“Ini Elkan, mungkin bisa cari tahu sendiri di media-media Indonesia apakah mereka mengikuti jadwal seperti itu,” kata Shin Tae-yong, Rabu (5/8/2024).

Menurut Presiden BTN Sumardji, Shin Tae-yong akan memanggil dua pemain lagi untuk laga melawan Irak dan Filipina. Apakah Elkan Baggott ada dalam daftar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *