Siap Susul Valentino Rossi Punya Tim di MotoGP, Lewis Hamilton Dikabarkan Tertarik Beli Gresini Racing

ASSEN – Bintang Formula 1 (F1) Lewis Hamilton dikabarkan tertarik membeli tim MotoGP. Jika hal itu terwujud, Hamilton akan mengikuti jejak Valentino Rossi yang punya tim balap di MotoGP.

Berdasarkan laporan The Race yang dipublikasikan Selasa (2/7/2024), sumber dekat mereka pertama kali mengatakan di awal pekan balapan MotoGP Belanda 2024 kemarin bahwa Hamilton ingin membeli Gresini Racing. Belakangan hal ini dibenarkan oleh banyak orang.

Hamilton dikabarkan telah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi Gresini dari pemiliknya saat ini, Nadia Padovani. Faktanya, seseorang di lingkaran dalam bintang Inggris itu diyakini hadir di Gresini’s di Assen akhir pekan lalu.

Angka tersebut diperkirakan mewakili pengemudi Mercedes yang sedang menyelidiki kelayakan komersial pengambilalihan Gresini. Bahkan, ada yang bilang proses negosiasi sudah dimulai.

MotoGP sendiri saat ini sedang dalam proses diambil alih oleh pemilik F1, Liberty Media. Alhasil, alangkah sempurnanya bagi Liberty jika juara dunia F1 tujuh kali yang merupakan penggemar berat MotoGP itu terlibat secara signifikan di ajang balap paling bergengsi di dunia milik tim barunya itu.

Jika berhasil membeli Gresini, Hamilton pun tak perlu khawatir dengan masalah finansial timnya. Bahkan diprediksi menghasilkan keuntungan besar dengan risiko finansial yang sangat kecil.

Pasalnya, pebalap berusia 39 tahun itu sudah memiliki sponsor pribadi dan sponsor tim Mercedes yang saat ini berkiprah di MotoGP. Agaknya mereka akan mudah diyakinkan untuk membantu tim Gresini nantinya.

Beberapa pendukung potensial mereka antara lain Petronas dan Monster Energy. Kedua nama itu sendiri sudah lama dikenal di MotoGP.

Sekadar informasi, Gresini merupakan salah satu tim ternama di MotoGP sejak pertengahan tahun 90an. Mereka memboyong nama-nama besar seperti Daijiro Kato, Toni Elias, dan Jorge Martin untuk meraih juara di divisi bawah.

Sementara itu, bintang-bintang seperti Sete Gibernao, Marco Melandri, mendiang Marco Simoncelli, dan Enea Bastianini berjuang memperebutkan gelar juara MotoGP. Mereka juga menang.

Pada tahun 2015, Gresini menjadi tim pabrikan Aprilia. Baru pada tahun 2021 mereka diambil alih oleh Nadia Padovani sepeninggal suami sekaligus pendiri tim, Fausto Gresini.

Gresini baru saja kembali menjadi tim satelit bermesin Ducati di MotoGP 2022. Mereka terus berkembang menjadi salah satu yang terkuat sejak saat itu dengan meraih kemenangan di balapan utama dan sprint race bersama Bastianini, Fabio Di Giannantonio, dan Alex Marquez, hingga tamat. merekrut mega bintang Marc Marquez dari Repsol Honda pada musim 2024.

Sementara itu, Hamilton bukan kali pertama terlibat dalam kepemilikan tim olahraga, baik di dunia balap maupun di tempat lain. Ia merupakan pemilik tim X44 yang hingga musim ini mengikuti seri balap off-road elektrik Extreme E, dimana ia berhasil meraih gelar juara pada tahun 2022 bersama Cristina Gurierrez dan Sebastien Loeb.

Selain itu, Hamilton juga merupakan bagian dari grup kepemilikan yang mengakuisisi tim American Football, Denver Broncos pada tahun 2022. Dia bekerja sama dengan mantan Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice untuk bergabung dengan kelompok investasi yang dipimpin oleh pewaris Walmart Rob Walton.

Dengan kondisi tersebut, menarik ditunggu kelanjutan pemberitaannya. Jika benar membeli Gresini Racing, Hamilton akan mengikuti jejak Valentino Rossi yang punya tim balap di MotoGP. Rossi diketahui memiliki tim balap VR46 Racing yang juga merupakan tim satelit Ducati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *