Claudia Sheinbaum Menangkan Pilpres Meksiko, Ini Sosok Lawan yang Dikalahkannya

MEKSIKO – Berdasarkan perhitungan sampel cepat yang dilakukan National Electoral Institute (INE) yang dirilis Minggu malam (6/2/2024), calon presiden Claudia Sheinbaum memenangkan pemilihan presiden (pilpres) di Meksiko.

Hitung cepat yang dilakukan oleh kantor pemilu menentukan hasil pemilu berdasarkan pola perolehan suara di seluruh negeri. Ini memiliki margin kesalahan +/- 1,5%. Sheinbaum menerima antara 58,3% dan 60,7% suara.

Dia mengalahkan kandidat oposisi Xochitl Galvez, yang memperoleh antara 26,6% dan 28,6% suara, dan Jorge Alvarez Máynez, yang memperoleh antara 9,9% dan 10,8% suara.

Jadi siapa Galvez? Gálvez, 61, adalah kandidat yang dipilih oleh koalisi partai-partai yang memiliki keinginan yang sama untuk mengakhiri kekuasaan partai Morena, partai payung Sheinbaum dan Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador.

Dia dan koalisinya, Kekuatan dan Hati untuk Meksiko, mengkritik meningkatnya kekerasan di negara itu menjelang pemilu.

Ketika dia berbicara pada pertemuan terakhirnya, dia mengatakan kepada rakyat Meksiko bahwa jika mereka memilih dia, mereka akan memiliki presiden paling berani dan presiden yang akan memerangi kejahatan.

Meskipun ia sering mengejek strategi Presiden Andrés Manuel López Obrador di awal masa jabatannya, ketika ia berjanji untuk “tidak mengambil risiko” dalam memerangi kejahatan, Gálvez tidak banyak bicara tentang cara ia memerangi geng kriminal yang kuat. di belakangnya. jumlah kekerasan yang melanda negara tersebut.

Dia mengatakan dia akan memberikan gaji yang lebih baik kepada polisi dan berinvestasi lebih banyak di bidang keamanan.

Namun yang membuatnya begitu populer di kalangan pemilih yang menentang presiden tampaknya adalah janjinya untuk memperkuat lembaga-lembaga yang menurutnya coba dilemahkan oleh López Obrador, seperti Mahkamah Konstitusi dan Lembaga Pemilihan Umum Nasional.

Gálvez menuduh López Obrador otoritarianisme dan merusak institusi demokrasi Meksiko, menyebut pemerintahannya arogan dan arogan.

Seperti yang Anda ketahui, warga Meksiko sedang memberikan suara dalam pemilu yang akan segera memilih presiden perempuan pertama di negara tersebut.

Rencananya, pemungutan suara akan berakhir pada pukul 01:00 WIB (18:00 waktu setempat) dan kandidat pemenang akan diumumkan pada akhir September.

Para pemilih juga akan memilih seluruh anggota Kongres Meksiko dan gubernur delapan negara bagian, serta kepala pemerintahan di Mexico City.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *