Buka Peparnas XVII 2024, Presiden Jokowi: Panggung Keseteraan Atlet Disabilitas

SOLO – Joko Widodo, Presiden RI, resmi membuka Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Solo, Jawa Tengah. Menurutnya, acara ini merupakan langkah menuju kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Aritedjo, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan sejumlah pejabat lainnya. Upacara pembukaan digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Minggu 6 Oktober 2024 malam WIB.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Peparnas ke-17 saya nyatakan terbuka,” kata Jokowi.

Presiden mengatakan, acara pembukaan Peparnas XVII Solo 2024 ini istimewa. Ia mengaku sengaja terbang dari Wilayah Ibu Kota Federal (IKN) untuk membuka pertemuan tersebut.

“Bagi saya, Peparnas ini spesial. Malam ini saya terbang dari IKN Nusantara ke Solo khusus untuk membuka Peparnas ini. Apalagi bertemu dengan para pemain dan ofisial yang mengikuti Peparnas dan saya senang bisa bertemu baik laki-laki maupun perempuan malam ini,” ucapnya. . Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengatakan, semua orang patut berbangga atas prestasi yang diraih para atlet disabilitas. Pasalnya, mereka telah meraih banyak prestasi di tingkat internasional.

Kita semua patut berbangga karena atlet-atlet penyandang disabilitas Indonesia sangat tangguh dan prestasinya sangat menggembirakan, kata Jokowi.

“Di Asean Para Games, Indonesia berhasil meraih juara umum sebanyak 3 kali berturut-turut, yaitu Asean Para Fames 2017, 2022, dan 2023,” ujar pria berusia 63 tahun itu.

Menurut Jokowi, Peparnas bukan sekedar ajang mencari pemain yang bisa bermain. Namun, ini juga merupakan platform yang setara bagi pemain penyandang disabilitas. Oleh karena itu, ia meminta agar proyek Peparnas digelar dalam suasana kompetisi persaudaraan dan atletik.

Oleh karena itu, mari kita sukseskan Peparnas yang tidak hanya menjadi wadah bagi para calon atlet untuk mencetak rekor-rekor baru, tetapi juga sebagai ajang adaptasi bagi para atlet penyandang disabilitas untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya, kata Jokowi.

“Mari kita berkompetisi dalam suasana persaudaraan, mari kita berjuang dengan semangat olah raga,” ajaknya.

Perhelatan Peparnas XVII 2024 rencananya berlangsung pada 7-13 Oktober 2024. Ajang ini akan mempertandingkan 20 cabang olahraga dengan diikuti 5.178 peserta dari 35 provinsi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *